Sudah 2 tahun tidak menstruasi karena pakai kb suntik 3 bulan. Lalu saat ini menstruasi banyak sudah 3 hari. Aman kah ?

Sudah 2 tahun tidak menstruasi karena pakai kb suntik 3 bulan. Lalu saat ini menstruasi banyak sudah 3 hari. Aman kah ?
Sudah 2 tahun tidak menstruasi karena pakai kb suntik 3 bulan. Lalu saat ini menstruasi banyak sudah 3 hari. Aman kah ?

Selamat siang dok saya mau tanya, saya sudah 2tahun tidak menstruasi karna pakai KB yang 3bulan, tapi skrng malah menstruasi dan itu bnyak sudah 3Hari


Selamat malam, UW

Terima kasih sudah bertanya.

Mengalami tidak menstruasi selama 2 tahun lalu kemudian mengalami menstruasi dalam jumlah banyak selama 3 hari akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Banyak faktor yang dapat menyebabkan keluhan tersebut terjadi, umumnya adalah karena efek dari penggunaan KB suntik 3 bulan.

Berikut efek samping penggunaan KB suntik 3 bulan :

  • Menstruasi tidak teratur
  • Pendarahan diluar siklus menstruasi
  • Sakit kepala
  • Berat badan naik
  • Nyeri payudara
  • Butuh waktu lama agar subur kembali
  • Mengurangi kepadatan tulang

Berikut penanganan awal yang bisa di lakukan :

  • Makan-makanan bergizi
  • Istirahat yang cukup
  • Kelola stres
  • Menjaga kesehatan organ intim
  • Rutin mengganti pembalut
  • Gunakan pakaian dalam yang longgar dan menyerap keringat

Bila jumlah darah yang keluar sangat banyak atau disertai nyeri perut dan mengganggu aktivitas sehari-hari, dianjurkan melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis kandungan untuk memastikan kondisinya dan penanganan lebih lanjut.

Berikut forum yang bisa di baca terkait keluhan serupa :

  • KB suntik 3 bulan, haid tidak teratur, kenapa?
  • Suntik KB 3 bulan

Salam sehat,

dr. Rafsan

Sumber : sehatq.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *