Telat haid, apakah karena antibiotik?

Telat haid, apakah karena antibiotik?
Telat haid, apakah karena antibiotik?

delta3.co.id – Telat haid, apakah karena antibiotik? |

Halo dok, saya mau tanya, bulan Agustus dan September sayaa sempat haid. Bulan September saya sempat di opname dan dikasih obat obatan beserta infush antibiotik dan obat antibiotik. Namun next di bulan Oktober saya sampai skrg bulan datang haid. Terakhir haid di bulan September tgl 12 tetapi bulan Oktober belom, kira kira apakah obat antibiotik dapat memperlambat haid ya dok?


Selamat sore, IPR

Siklus haid berjumlah 21 hingga 35 hari, yang dihitung dari hari pertama ke hari pertama berikutnya. Maka, akan wajar bila haid datang maju atau mundur hingga 7 hari.  Keterlamabatan haid sendiri memiliki banyak penyebab, seperti keleleahan, stress, kehamilan, perubahan berat badan yang ekstrim, efek samping KB, PCOS, gangguan tiroid, dan kondisi lainnya.

Apakah antibiotik menyebabkan terlambat haid?

Natibiotik tidak menyebabkan siklus haid yang memanjang, atau terlambat haid. Bila anda sudah terlambat haid, maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter kandungan, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sementara ini, sebaiknya anda rutin berolahraga, cukup beritirahat, makan makanan dengan gizi seimbang, mengelola stress. mempertahankan berat badan ideal, dan tetap menajga pola hidup sehat.

Anda juga bisa membaca forum terkait dengan terlambat haid :

  • Penyebab terlambat menstruasi
  • Telat haid, apakah hamil?

Semoga membantu.

Salam sehat,

dr. Lizsa

Sumber : sehatq.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *