Pusing berputar disertai mual dan lemas

Pusing berputar disertai mual dan lemas
Pusing berputar disertai mual dan lemas

Hello dok, saya sering sekali merasa kepala sakit sekali sehingga mengeluarkan air mata,padahal awalnya saya baik baik saja. Dan setiap kali saya dalam posisi duduk atau tiduran ketika saya bangun saya merasa pusing dan seperti berputar dan ketika jalan tiba2 saya merasa pusing sekali dan terlihat gelap.Kadang disertai mual dan bergemetar. Dan tubuh saya belakangan ini begitu lemas sekali, sudah tidur secara teratur tetapi tetap terasa lelah dan lemas.


Selamat malam, V

Terima kasih atas pertanyaannya.

Pusing dapat bersifat seperti terasa berdenyut, ada yang menarik atau pusing yang berputar.  Pusing berputar dapat disertai dengan rasa mual, seperti mau jatuh, padangan gelap hingga gemetaran.  

Penyebab pusing berputar :

  • Vertigo. 
  • Migrain. 
  • Cedera pada kepala. 
  • Gula darah rendah. 
  • Tekanan darah rendah. 
  • Anemia. 

Bila pusing berputar disertai mual dan terjadi saat pindah posisi maka ada kemungkinan mengarah pada vertigo.  Namun, dapat pula ditambah dengan adanya faktor kelelahan, stres, asupan kurang optimal sehingga menambah rasa lemas dan mudah lelah.  

Untuk itu apabila ini sudah menganggu aktivitas sehari-hari maka anda dapat lakukan pemeriksaan ke puskesmas atau langsung ke dokter spesialis saraf untuk dilakukan penanganan lanjutan. 

Sementara saat akan bangun dari tidur, bisa miring kanan kiri dulu, duduk, baru berdiri dengan jeda 5 menit.  Perbanyak air putih hangat, hindari begadang, kelola stres dan cemas, makan bergizi. 

Anda dapat membaca beberapa forum kami terkait pusing berputar seperti berikut :

  • Pusing berputar, apa penyebabnya?
  • Apa obat kepala pusing berputar?

Semoga penjelasan ini bermanfaat. 

Salam sehat, 

dr. Farah

Sumber : sehatq.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *