Tubuh Kaku karena ketakutan berlebih, bagaimana mengatasinya?

Tubuh Kaku karena ketakutan berlebih, bagaimana mengatasinya?
Tubuh Kaku karena ketakutan berlebih, bagaimana mengatasinya?

Dok saya mau bertanya, kalau berinteraksi dengan orang lain saya sering takut menggerakkan badan atau pindah posisi saya takut salah dalam gerakan tubuh saya, bahkan sampai mengerakan raut wajah pun saya takut dan akhirnya saya merasa pegel dan berat di kepala saya.
saya merasa terganggu karna saya merasa saya tidak boleh bergerak bebas, sepertinya gerakan saya selalu salah di mata orang, saya takut orang lain tersinggung tapi, saya kelelahan dan akhirnya saya buru buru pergi atau menghindar.


Selamat siang GG

Rasa takut merupakan hal yang wajar, namun ketakutan berlebihan seringkali dapat mengganggu kesehatan psikologis seseorang. Pada kondisi ini, Anda dapat merasakan pusing, sesak, lemas hingga keringat dingin. Anda perlu memahami terlebih dahulu bahwa tidak semua hal dapat Anda kontrol, termasuk persepsi orang lain terhadap Anda. Memang ketakutan berlebih untuk salah dapat membuat Anda merasa stres dan tidak memiliki tenaga untuk melakukan apapun. Cobalah untuk menenangkan diri, kembali memahami mengapa Anda merasa demikian, menerima bahwa Anda tidak harus benar di depan setiap orang, dan cobalah komunikasikan ketakutan Anda ke orang terdekat Anda. Jika kesulitan Anda juga dapat berkonsultasi secara online dengan psikolog atau psikiater.

Cara mengatasi ketakutan berlebih

Untuk mengatasi ketakutan berlebih, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut

  • Cobalah menenangkan diri (teknik pernafasan dalam)
  • Kenali apa yang membuat Anda ketakutan
  • Ubah pola pikir Anda terhadap hal yang membuat Anda cemas
  • Jangan menghindar dari hal yang membuat Anda ketakutan
  • Coba alihkan pikiran ketika mengalami ketakutan berlebih
  • Bayangkan tempat yang menyenangkan bagi Anda
  • Tuliskan penyebab rasa takut

Memang tidak mudah menghadapi ketakutan atau kecemasan berlebih, namun cobalah beberapa hal di atas. Konseling dengan psikolog atau psikiater juga dapat membantu mengupas hal-hal yang menjadi ketakutan Anda dan memberikan solusi untuk hal tersebut.

Baca juga forum lain terkait ketakutan berlebih

Kenapa selalu merasa takut?

Penyebab ketakutan dan cemas berlebihan, apakah trauma ?

 

Salam sehat

dr Denny

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *