Belum haid 3 bulan tapi test pack negatif, hamil tidak?

Belum haid 3 bulan tapi test pack negatif, hamil tidak?
Belum haid 3 bulan tapi test pack negatif, hamil tidak?

dok saya terakhir haid bulan juli dan sampai sekarang belum haid,kemarin payudara dan punggung terasa sakit,sekarang terasa kelyar darah tetapi jika dicek tidak ada cairan apapun yang keluar,porsi makan tambah banyak,perut buncit,payudara sedikit membesar,tapi jika sudah beberapa kali ditespek hasilnya negatif,bagimana ya dok itu?apakah ada kehamilan tapi belum terdeteksi atau ada penyakit atau karena hormon?


Selamat malam, W

Terimakasih sudah memberikan pertanyaan

Belum haid 3 bulan atau disebut juga dengan amenore sekunder. Dapat dialami oleh beberapa wanita mulai dari remaja hingga dewasa, akibat gangguan hormonal, penyakit akibat gangguan tiroid, premanepause, adanya kista atau pcos dan endometriosis. Kelelahan stress dan berat badan yang sangat kurus juga berpengaruh sehingga terjadi amenore sekunder. 

Terkait pertanyaan Anda belum kunjung haid dari bulan Juli, sudah melakukan test pack berulang kali dan negatif, kemungkinan besar memang belum terjadi kehamilan. Namun merasa payudara makin besar, porsi makan banyak dna perut membuncit. Ini bisa disebabkan kenaikan berat badan sehingga perut tampak buncit dan payudara tampak lebih besar karena alokasi lemak di tempat tempat tersebut. 

Untuk mengatasi amenore sekunder, sebaiknya atur pola makan sehat, hindari makanan ceat saji, minum air putih 2 liter perhari dan olahraga rutin. Sebaiknya, melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan utnuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Anda juga dapat membaca beberapa forum terkait amenore sekunder:

  • Tidak haid 3 bulan tapi test pack negatif, apa penyebabnya?
  • Apa penyebab amenorea sekunder?

Semoga baermanfaat

Salam sehat

dr.Sarah 

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *