Manfaat daun sungkai dan efek sampingnya

Manfaat daun sungkai dan efek sampingnya
Manfaat daun sungkai dan efek sampingnya

halo dok. saya mau tanya apakah aman untuk mengkonsumsi rebusan daun sungkai? kalo boleh tahu manfaat daun sungkai itu untuk apa ya dok? dan apakah ada efek sampingnya? terimakasih


Selamat pagi V 

Terima kasih atas pertanyaannya 

Tanaman sungkai merupakan salah tanaman yang berasal dari daerah sumatera dan kalimantan. Bagian dari tanaman sungkai yang banyak dimanfaatkan adalah bagian daun. Daun sungkai banyak digunakan sebagai obat herbal dan memiliki manfaat untuk mengatasi demam, mencegah infeksi dengen meningkatkan kadar leukosit, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Efek samping konsumsi daun sungkai belum diketahui secara pasti sampai saat ini karena memerlukan penelitian lebih lanjut. 

Manfaat daun sungkai

Manfaat daun sungkai yaitu 

  • Meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh 
  • Mengatasi demam 
  • Mencegah terjadinya infeksi bakteri dengan meningkatkan kadar sel darah putih (leukosit) darah 
  • Mengatasi peradangan dalam tubuh (antiinflamasi) 
  • Antioksidan 
  • Membantu menyembuhkan malaria karena kandungan antiplasmodium dalam daun sungkai 

Efek samping daun sungkai

Efek samping penggunaan daun sungkai belum diketahui secara pasti hingga saat ini, namun sebaiknya hindari konsumsi rebusan daun sungkai secara berlebihan dan pastikan daun sungkai diolah dengan cara yang benar dan bersih. Apabila timbul gejala seperti sakit perut, mual muntah, diare atau sembelit, dan reaksi alergi seperti susah bernafas, kulit kemerahan, gatal dan bengkak, maka sebaiknya hentikan konsumsi rebusan daun sungkai dan segera lakukan pemeriksaan langsung ke layanan dokter terdekat untuk mendapat penanganan yang tepat. 

Tetap jaga kesehatan tubuh dengan perbanyak minum air putih, kelola stres, olahraga secarateratur, tidur yang cukup dan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi. 

Anda juga dapat membaca forum kami yang berkaitan obat herbal di :

  • Efek samping obat herbal?
  • Apa jenis obat herbal penurun panas?

Semoga bermanfaat 

Salam sehat, 

dr. Vera 

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *