Berapa minggu usia kehamilan jika HPHT 28 mei?

Berapa minggu usia kehamilan jika HPHT 28 mei?
Berapa minggu usia kehamilan jika HPHT 28 mei?

Dok mau tanya dong.. Saya terakhir haid sekitar tanggal 28-8 juni dan sekarang saya udah beberapa bulan telat haid dan memutuskan beli testpack dan hasil nya positif .kira² usia kehamilan saya sudah berapa Minggu ya dok


Selamat malam, D

Terima kasih atas pertanyaannya.

Menentukkan usia kehamilan ada berbagai cara dari mulai hitung manual sampai dengan menggunakan ukuran janin di USG.  Paling sering perhitungan usia kehamilan dilakukan menggunakan HPHT atau hari pertama haid terakhir. 

Menurut kalkulator usia kehamilan, jika HPHT yang dimaksud adalah 28 mei  maka saat ini perkiraan usia kehamilan sudah memasuki sekitar 20 minggu.  Pada usia kehamilan ini sudah memasuki trimester kedua dan sudah menunjukkan ada perubahan pada perut serta taksiran berat janin antara 800-1000 gram.  

Anda dapat lakukan pemeriksaan USG rahim di dokter spesialis kandungan untuk evaluasi perkembangan janin sehingga dapat dipastikan perkembangan janin seperti apa dan juga evaluasi kesehatan ibu hamil. Pastikan penuhi asupan nutrisi ibu hamil,minum vitamin hamil, istirahat cukup, hindari begadang, kelola stres dan cemas, serta rutin periksa kehamilan. 

Anda dapat membaca beberapa forum kami terkait usia kehamilan seperti berikut :

  • Menghitung usia kehamilan.
  • Usia kehamilannya berapa?

Semoga penjelasan ini bermanfaat. 

Salam sehat, 

dr. Farah

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *