Operasi kista berapa lama?

Operasi kista berapa lama?
Operasi kista berapa lama?

halo dokter, saya ibu satu anak berusia 32 tahun. saya memiliki kista ovarium sebesar 10 cm. Karena ukuran yang sudah besar, dokter menyarankan saya untuk melakukan oprasi kista dok. Kira-kira apa saja prosedur operasi ini dan operasi kista berapa lama ya dok? saya masih takut sebenarnya.


Selamat siang V 

Terima kasih atas pertanyaannya 

Kista ovarium merupakan suatu keadaan terdapatnya kantung berisi cairan pada bagian ovarium. Kista ovarium dapat terjadi pada bagian sisi kiri atau kanan rahim ataupun keduanya. Tanda dan gejala kista ovarium antara lain nyeri tajam atau tumpul pada perut bawah, bengkak, gangguan BAK dan BAB, nyeri haid, perdarahan dari vagina, nyeri saat hubungan intim dan lainnya. Pada keadaan kista ovairum yang ukurannya bertambah, menyebabkan gejala yang sangat mengganggu serta dicurigai keganasan, maka tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kista ovarium adalah melalui tindakan operasi. Lama waktu prosedur operasi kista ovarium dapat berbeda-beda pada setiap orang dan bergantung pada lokasi dan ukuran kista, jenis operasi dan kesulitan yang dialami selama operasi berlangsung. 

Jenis operasi kista ovarium

Jenis operasi kista ovarium yaitu 

  • Laparoskopi merupakan tindakan operasi dengan menggunakan alat laparoskop dan membuat sayatan kecil pada kulit. Dokter kemudian akan mengangkat dan mengelurkan kista melalui sayatan pada kulit tersebut. Operasi laparoskopi memiliki waktu pemulihan yang lebih singkat dan rasa nyeri yang minimal. 
  • Laparotomi dilakukan dengan membuat sayatan besar pada perut untuk memudahkan akses untuk mencapai kista. Pada kista yang berukuran besar dan memiliki kecurigaan keganasan, maka dokter akan menyarankan jenis operasi laparotomi. 

Waktu pemulihan setelah tindakan operasi laparoskopi berkisar dua minggu sedangkan untuk operasi laparotomi berkisar enam hingga delapan minggu. Setelah operasi kista, Anda juga disarankan untuk merawat luka bekas operasi untuk mencegah terjadinya infeksi dan menerapkan pola hidup sehat dengan banyak minum air putih, konsumsi makanan yang bergizi, olahraga ringan rutin, jaga berat badan ideal dan istirahat cukup. Apabila terdapat pertanyaan lainnya terkait operasi kista ovarium, sebaiknya lakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kandungan terkait jenis operasi yang akan dilakukan. 

Anda juga dapat membaca forum kami yang berkaitan dengan operasi kista ovarium di :

  • Bagaiman operasi kista itu?
  • Bagaimana solusi telat haid setelah operasi kista?

Semoga bermanfaat 

Salam sehat, 

dr. Vera 

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *