Kenapa anak lebih mudah terkena penyakit jantung reumatik?

Kenapa anak lebih mudah terkena penyakit jantung reumatik?
Kenapa anak lebih mudah terkena penyakit jantung reumatik?

Mengapa penyakit jantung rematik lebih sering terjadi pada anak-anak dibanding orang dewasa? Dan mengapa insidensi puncak PJR terjadi di usia 5-15 tahun?


Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaannya.

Penyakit jantung reumatik adalah kondisi dimana terdapat kerusakan permanen pada katup jantung.  Penyakit jantung reumatik dapat muncul setelah adanya demam reumatik yang tidak tertangani dengan baik.  Demam reumatik adalah respon tubuh saat seseorang sering terinfeksi bakteri streptokokkus A. 

Mengapa anak 5-15 tahun lebih banyak terkena penyakit jantung reumatik ?

Anak-anak memiliki sistem imun yang masih berkembang dibanding dewasa. Pada usia 5-15 tahun anak sudah mulai masuk sekolah dan penitipan anak.  Seringnya anak bermain bersama baik di sekolah, penitipan anak, memicu peningkatan risiko anak terkena infeksi akibat bakteri penyebab demam reumatik.  Ketika anak sering mengalami infeksi tenggorokan mengarah ke demam reumatik maka meningkat pula risiko menjadi penyakit jantung reumatik. 

Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis anak apabila anak anda sering mengalami infeksi tenggorokan yang kambuh-kambuhan untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan memastikan adanya risiko terkena penyakit jantung reumatik. 

Anda dapat membaca beberapa forum kami terkait infeksi tenggorokan anak seperti berikut :

  • Penyebab tenggorokan sakit dan sulit menelan pada anak, apkah amandel ?
  • Lidah anak berwarna kuning dan sakit tenggorokan, kenapa?

Semoga penjelasan ini bermanfaat. 

Salam sehat, 

dr. Farah

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *