Apa aman melakukan biopsi benjolan di leher?

Apa aman melakukan biopsi benjolan di leher?
Apa aman melakukan biopsi benjolan di leher?

Dok saya mau tanya, kemaren habis test darah hasilnya normal, TSH 1,77 cuman di leher saya kan ada benjolannya, nah itu suka sakit kalo dipegang atau ga sengaja ke senggol, dan tiba-tiba kalo lagi itu suka sakit sendiri, kayak leher jadi ga nyaman dan ngenyut sakitnya. Terus kata dokternya di suruh biopsi kalo khawatir kista nya ganas. Nah itu aman ga ya dok? Terus kalo aman penanganan biopsinya bakalan gimana dok? Btw saya belum pernah di ct scan/usg dok, cuman d tes darah TSH aja.


Selamat siang, D

Terima kasih atas pertanyaannya.

Benjolan di leher dapat terjadi karena banyak faktor dari mulai infeksi, pembesaran getah bening, gangguan pada kelenjar tiroid, masalah pada kelenjar saliva dan kondisi medis lainnya. 

Untuk memastikan penyebab dari benjolan di leher ini memerlukan beberapa pemeriksaan spesifik, selain dengan pemeriksaan darah dapat disarankan pula untuk biopsi.  Biopsi ini merupakan tindakan mengambil sebagian jaringan dari benjolan di leher untuk di periksa secara mendalam.  Biopsi dapat dilakukan dengan biopsi jarum halus ataupun dengan sayatan minimal di daerah benjolan. 

Jadi selama prosedur tindakan biopsi memang disarankan oleh dokter maka aman dilakukan dan salah satu cara untuk mengetahui apakah terdapat keganasan sehingga jika terdeteksi sedini mungkin, penanganannya juga dapat lebih cepat.  Untuk prosedur dan penangannnya bergantung pada jenis biopsi yang disarankan dokter anda.  Untuk itu anda dapat konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis penyakit dalam anda terkait prosedur biopsi yang dilakukan dan progres benjolan di leher. 

Anda dapat membaca beberapa forum kami terkait biopsi benjolan leher seperti berikut :

  • Biopsi kelenjar getah bening.
  • Apakah benjolan di leher berbahaya?

Semoga penjelasan ini bermanfaat. 

Salam sehat, 

dr. Farah

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *