Serba serbi pil KB

Serba serbi pil KB
Serba serbi pil KB

Halo dok mau nanya saya minum pil KB udah satu bulan biasanya di tanggal2 ini sudah haid kenapa ini blum ya, saya tes 2x jga negatif apakah itu memang efek minum pil KB? Rencana setelah haid saya mau ganti suntik makanya heran ini kok blom haid


Selamat malam, MW. Saya dr. Stasya izin menjelaskan ya.

Kontrasepsi secara luas dibagi menjadi dua, alamiah dan non alamiah. Alamiah biasanya pada ibu hamil dan menyusui, secara otomatis tidak akan terjadi kehamilan atau implantasi. Non-alamiah biasanya kondom, IUD, Hormonal (pil/suntik/implan). Penggunaan kb juga berdasarkan kebutuhan wanita masing masing tidak ada yang lebih tinggi efektivitasnya daripada yang lain.

Yang perlu diketahui tentang KB hormonal:

  • Bermanfaat untuk menekan angka kelahiran sebagai program pemerintah menekan ledakan penduduk
  • Memiliki efek samping paling sering siklus menstruasi tidak teratur, nyeri pada beberapa bagian tubuh, flek, keluar cairan pada puting, gangguan suasana hati, dll.
  • Memiliki kemungkinan untuk terjadinya kehamilan walaupun angkanya sangat kecil

Bila saat ini siklus haidnya tidak normal disertai test packnegatif 2 kali, namun bila hal ini sangat mengganggu aktivitas fisik dan psikis, bisa konsultasikan ke dokter spesialis kandungan agar dilakukan pemeriksaan sehingga bisa ditatalaksana dengan baik dengan tentunya tetap menjaga tubuh tetap fit dengan pola hidup sehat.

Berikut saya lampirkan beberapa forum diskusi untuk menjadi referensi bacaan:

  • Menstruasi tidak teratur, apakah efek samping dari pil KB?
  • Pil kb bagaimana cara mengonsumsinya?

Semoga bermanfaat ya, MW.

Salam Sehat!

dr. Stasya Zephora

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *