Telat haid, apakah karena hamil, atau karena turun berat badan?

Telat haid, apakah karena hamil, atau karena turun berat badan?
Telat haid, apakah karena hamil, atau karena turun berat badan?

Dok saya mau tanya, kalau sering datang bulan bah kan 1 bulan itu apa pertanda hamil dan untuk badan kecapekan dan berat badan menurun drastis apa pengaruh untuk telat datang bulan?. Terima kasih dok


Selamat sore, AS

Masih banyak wanita yang tidak mengetahui kapan kah dikatakan terlambatnya siklus haid. Terlambatnya siklus haid, adalah ketika haid sudah terlambat hingga lebih dari 7 hari. Hal ini karena siklus haid yang normal berjumlah 21 hingga 35 hari, maka akan wajar bila haid datang maju, atau mundur hingga 7 hari. Terlambatnya iklus haid tidak hanya disebabkan oleh kehamilan, ada banyak hal yang dapat menyebabkan keterlambatan siklus haid, seperti kelelahan, stress, hormon yang tidak seimbang, perubahan berat badan yang ekstrim, gangguan pada kelenjar tiroid, dan penggunaan KB, serta PCOS.

Berat badan yang turun secara ekstrim bisa menyebabkan terlambatnya siklus haid. Namun, sebaiknya anda melakukan testpack, bila sudah terjadi terlambat haid lebih dari 7 hari, kemudian berkonsultasi dengan dokter kandungan, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Selain itu, sebaiknya anda cukp beristirahat, makan makanan dengan gizi seimbang, mempertahankan berat badan ideal, rutin berolahraga, perbanyak minum, dan tetap menjaga berat badan ideal.

Anda juga bisa membaca forum terkait dengan terlambat haid :

  • Telat haid, apakah hamil?
  • Terlambat haid, ada tanda hamil atau haid?

Semoga membantu.

Salam sehat,

dr. Lizsa

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *