Punya riwayat pendarahan saat bersalin, apakah boleh mengugurkan kandungan?

Punya riwayat pendarahan saat bersalin, apakah boleh mengugurkan kandungan?
Punya riwayat pendarahan saat bersalin, apakah boleh mengugurkan kandungan?

Pagi dok .aku umur 44tahun lagi hamil 1bln .aku ingin gugurin kadunganku apa di boleh kan .karna masih trauma dengan kejadian yg dulu .pendarahan habis SC udah 20hari aku pendarahan yg sampe kritis.dan HB sampe 2.itu pun tiap bulan bolak balik ke rumah sakit selama 8bulan.pendarahan terus..


Selamat siang, KP

Kehamilan adalah hal yang dinantikan oleh banyak pasangan. Namun, kehamilan juga dihindari oleh beberapa pasangan, karena berbagai macam hal. Kehamilan hanya bisa dicegah, namun bila sudah terjadi pembuahan, maka sudah tidak dapat mencegahnya kembali. Mengugurkan kandungan di Indonesia bersifat ilegal, kecuali dalam kondisi medis tertentu, dalam pengawasan dokter kandungan.

Apakah boleh mengugurkan kandungan?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa tindakan aborsi di Indonesia adalah ilegal, dan dapat dituntut hukuman penjara hingga 1 tahun, dan denda hingga 1 milyar rupiah. Abosri hanya dapat dilakukan atas saran dari dokter kandungan, karena setelah pemeriksaan, didapatkan kondisi medis tertentu sehingga tidak memungkinkan untuk terjadinya kehamilan. Melakukan aborsi tanpa saran dokter kandungan, memiliki beberapa resiko, seperti :

  • Perdarahan hebat,
  • Kerusakan pada rahim, dan organ reproduksi lainnya,
  • Infeksi,
  • Rasa bersalah yang mendalam,
  • Kegagalan, dan menyebabkan kecacatan pada janin,
  • Hingga kematian.

Apakah yang harus dilakukan?

Pada keadaan anda, dengan riwayat persalinan sebelumnya perdarahan hebat, maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter kandungan, apakah memungkinkan untuk terjadi kehamilan, dan persalinan. Sementara ini, sebaiknya anda melakukan beberapa hal, seperti cukup beritirahat, makan makanan dengan gizi seimbang, menghindari kegiatan yang melelahkan, perbanyak minum, dan tetap menjaga pola hidup sehat.

Anda juga bisa membaca forum terkait dengan aborsi :

  • Apakah tindakan aborsi diperbolehkan?
  • Syarat aborsi yang legal dan faktor resikonya

Semoga membantu.

Salam sehat,

dr. Lizsa

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *