Lupa kapan terakhir haid, namun sepetinya sudah terlambat haid, apakah hamil?

Lupa kapan terakhir haid, namun sepetinya sudah terlambat haid, apakah hamil?
Lupa kapan terakhir haid, namun sepetinya sudah terlambat haid, apakah hamil?

Ass….dok saya bigung bagai mana cara mengetahui taggal terakhir haid bulan septber ,saya trus mengingat igat sekitar tggal 10 atau 12,saya lupa,tapi sudah tanggal 16 okteber saya blum haid,apakah saya hamil dok?trmkash


Selamat pagi, SL

Menghitung siklus haid, adalah dengan cara, dimulai dari hari pertama haid terakhir, ke hari pertama haid berikutnya. Sedangkan, normalnya, siklus haid berjumlah 21 hingga 35 hari. Maka, akan normal bila haid datang maju atau mundunr hingga 7 hari. Keterlambatan haid sendiri, adalah bila haid sudah terlambat labih dari 7 hari, namun tidak kunjung datang. 

Tanda uatama dari kehamilan, adalah terlambatnya siklus haid lebih dari 7 hari. Namun, keterlambatan siklus haid tidak hanya disebabkan oleh kehamilan, bisa disebabkan oleh hal lain, seperti kelelahan, stress, gangguan keseimbangan hormon, gangguan tiroid, efek samping KB, PCOS, dan keadaan lainnya.

Bagaimana bila lupa kapan hari pertama haid terakhir?

Bila anda lupa hari pertama haid terakhir anda, dan hanya ingat sekitar pertangahan bulan. Maka, sebaiknya anda menunggu hingga akhir bulan, bila tetap tidak haid, maka anda sebaiknya lakukan testpack, dan berkonsultasi dengan dokter kandungan, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sementara ini, sebaiknya, istirahat cukup, makan makanan dengan gizi seimbang, perbanyak minum, hindari kegiatan yang melelahkan, dan tetap menjaga pola hidup sehat.

Anda juga bisa membaca forum terkait dengan terlambat haid :

  • Penyebab terlambat menstruasi
  • Terlambat haid, ada tanda hamil atau haid?

Semoga mambantu.

Salam sehat,

dr. Lizsa

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *