Bekas operasi usus buntu bertahun-tahun masih sakit, apa sebabnya?

Bekas operasi usus buntu bertahun-tahun masih sakit, apa sebabnya?
Bekas operasi usus buntu bertahun-tahun masih sakit, apa sebabnya?

Dok mau tanya dong ,gini dok aku kan udah pernah operasi usus buntu itu udah lama sekitar tahun 2017 nah akhir akhir ini perut sebelah kanan aku kembali sakit lagi,sakitnya seperti awal kena usus buntu,yang aku mau tanyain dok apa bisa usus buntu itu muncul lagi padahal sudah pernah operasi.makasih dok aku butuh penjelasan nya dok


Selamat sore AM

Peradangan usus buntu atau appendisitis memang perlu penanganan dengan operasi pengangkatan usus buntu atau appendiktomi. Penyembuhan setelah operasi usus buntu membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga seringkali mengalami rasa nyeri atau tidak nyaman pada bagian bekas luka operasi walaupun luka operasi sudah menutup sempurna.

Penyebab nyeri di luka operasi usus buntu bisa disebabkan anda sering beraktivitas berat, olahraga berat, atau mengangkat barang berat, mengedan terlalu kuat, gangguan pencernaan seperti BAB keras, sembelit atau diare. Bekas sayatan operasi lebih rentan mengalami robekan kembali jika tidak dijaga dengan baik.

Selain karena bekas luka operasi usus buntu, penyebab nyeri perut bawah juga bisa karena radang panggul, nyeri sendi atau karena gangguan pada usus. Namun untuk memastikannya sebaiknya anda kembali berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter bedah yang menangani anda sebelumnya.

Untuk mengurangi rasa nyeri anda bisa mengkompres hangat perut yang nyeri, mencukup asupan serat, probiotik, dan cairan agar BAB tidak keras, melakukan aktivitas dan olahraga yang ringan. 

Anda juga bisa membaca forum terkait nyeri perut bekas operasi usus buntu berikut:

  • Nyeri pada luka bekas operasi usus buntu
  • Nyeri bekas operasi usus buntu kenapa belum hilang?

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Pany

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *