Penggunaan salep luka untuk luka fisura ani

Penggunaan salep luka untuk luka fisura ani
Penggunaan salep luka untuk luka fisura ani

Halo dok, mau tanya saya memiliki fisura ani yang terkadang saat kambuh muncul darah di robekan. Saya biasanya menggunakan salep lidocaine untuk meredakan tapi apakah boleh jika menggunakan salep luka seperti Cutimed Gel, Octenilin, atau Hansaplast Salep Luka untuk mempercepat penutupan luka? dan apakah jika sudah menggunakan lidocaine masih boleh menggunakan salep luka seperti yang disebut? Mohon pencerahannya. Terimakasih.


Selamat malam NA

Fisura ani adalah kondisi dimana adanya luka seperti goresan atau celah di bagian dalam anus. Kondisi ini bisa dialami oleh berbagai kalangan usia baik wanita maupun pria namun paling sering terjadi di usia produktif.

Terjadinya fisura ani tentunya sangat tidak menyenangkan karena menyebabkan keluhan nyeri anus, BAB berdarah, terasa panas atau gatal hingga munculnya benjolan. Setelah diagnosa ditegakkan, maka pengobatan fisura ani dilakukan dengan beberapa cara.

Salep lidocaine merupakan anestesi topikal yang bisa digunakan untuk meredakan nyeri. Cutimed gel berisikan nitrogliserin yang memang digunakan untuk pengobatan fisura ani guna mendukung penyembuhan, merilekskan otot anus dan meningkatkan aliran darah.

Sedangkan octenilin gel mengandung allantoin untuk menenangkan kulit dan hansaplast gel fungsinya hanya sebagai antiseptik membunuh kuman baik bakteri maupun jamur pada permukaan kulit atau mukosa. Serangkaian pengobatan ini bisa anda gunakan salah satu saja atau secara bersamaan.

Anda bisa menggunakan salep lidocain sesekali saat merasakan nyeri yang tajam. Bersihkan dulu anus dengan antiseptik cair kemudian oleskan gel nitrogliserin atau octenilin.

Ulangi pengobatan ini sebanyak 2-3 kali sehari atau sesuai dengan anjuran dokter yang menangani anda. Namun jika setelah sekian lama pengobatan ini tidak berhasil maka anda perlu berdiskusi dengan dokter bedah digestif anda untuk langkah penanganan selanjutnya.

Selain itu perbanyak asupan serat dan air putih agar BAB tidak keras, melakukan olahraga yang rutin, tidak kegemukan, membersihkan anus dengan baik dan kering.

Anda juga bisa membaca forum terkait fissura ani berikut:

  • Apakah yang dimaksud dengan fisura ani?
  • Mengalami fisura ani

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Pany

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *