Belum haid selama 3 bulan, apakah boleh lanjut suntik KB 3 bulan?

Belum haid selama 3 bulan, apakah boleh lanjut suntik KB 3 bulan?
Belum haid selama 3 bulan, apakah boleh lanjut suntik KB 3 bulan?

Halo dok,

Sudah beberapa tahun ini saya pakai kb dgn metode suntik per 3 bulan. Biasanya saya menstruasi 1x dlm 3 bulan. Akan tetapi di 3bln ini saya blm menstruasi dan minggu depan sudah jadwal suntik lagi. Bbrp kali saya cek dgn testpack jg tidak hamil. Yg mau saya tanyakan, apakah boleh melanjutkan suntik kb tsb, meskipun blm menstrusi selama 3bln ini? Terima kasih sebelumnya ?


Selamat siang, LH

Melakukan suntik KB 3 bulan, memiliki tingkat efektifitas yang tinggi bila digunakan secara benar. Suntik KB 3 bulan memiliki beberapa efek samping, seperti tidak haid selama suntk, siklus haid yang tidak teratur, penambahan berat badan, timbul jerawat, sakit kepala, nyeri pada payudara, perubahan mood, dan kondisi lainnya.

Apakah boleh lanjut suntik KB 3 bulan bila belum haid selama 3 bulan?

Pada suntik KB 3 bulan, mungkin saja mengalami tidak haid, hal tersebut merupakan salah satu efek samping dari suntik KB 3 bulan, yang dijelaskan diatas. Sehingga akan wajar bila testpack negatif. Sebaiknya anda tetap melakukan suntik KB 3 bulan, sesuai dengan jadwal penyuntikan, karena terlambat melakukan suntik KB, berpotensi menyebabkan kegagalan KB.

Bila anda masih bingung, anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Selain itu, sebaiknya tetap menjaga berat badan ideal, istirahat cukup, makan makanan dengan gizi seimbang, mengelola stress, dan rutin berolahraga.

Anda juga bisa membaca forum terkait dengan suntik KB 3 bulan:

  • Bagaimana efektifitas KB Suntik?
  • Terlambat suntik KB, apakah bisa suntik KB lagi?

Semoga membantu.

Salam sehat,

dr. Lizsa

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *