Bisakah hamil setelah melahirkan 25 hari?

Bisakah hamil setelah melahirkan 25 hari?
Bisakah hamil setelah melahirkan 25 hari?

Dok mau nanya jika seorang wanita abis melahirkan sudah 25 hari lalu dia berhubungan intim tapi mengeluarkan sperma nya di luar apakah bisa menyebabkan hamil???


Selamat malam, M

Terima kasih atas pertanyaannya.

Pasca melahirkan, wanita akan mengalami yang namanya masa nifas atau pengeluaran dari zat dan jaringan sisa kehamilan sebelumnya.  Pada masa ini rahim juga mulai beradaptasi untuk kembali ke kondisi sebelum kehamilan, termasuk kembali menghasilkan sel telur.  Masa nifas ini dapat berbeda-beda dari mulai 2-3 minggu sampai ada yang 8 minggu lamanya. 

Apabila pasca melahirkan wanita sudah kembali subur maka hubungan intim setelah melahirkan walaupun ejakulasi di luar tetap berpotensi kehamilan.  Karena itulah dianjurkan ibu pasca melahirkan yang sudah selesai nifas segera melakukan KB agar tidak terjadi kehamilan yang terlalu dini.  

Karena sudah terlanjur ada aktivitas seksual maka anda dapat melakukan testpack dahulu sekitar 3-4 minggu setelah hubungan intim.  Saat sudah negatif dan dinyatakan tidak hamil maka segera melakukan pemasangan KB di dokter spesialis kandungan.    

Anda dapat membaca beberapa forum kami terkait kehamlan pasca melahirkan seperti berikut :

  • Berhubungan intim setelah melahirkan, bisa hamil?
  • Bisakah hamil setelah 5 minggu melahirkan?

Semoga penjelasan ini bermanfaat. 

Salam sehat, 

dr. Farah

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *