Penderita asam lambung wajib baca, ini tips jalani puasa agar nyaman ala dr Zaidul Akbar

dr Zaidul Akbar beri tips puasa untuk penderita asam lambung (YouTube dr. Zaidul Akbar Official)

delta3.co.id – Punya riwayat penyakit maag atau asam lambung tinggi menjadi salah satu kekhawatiran yang kerap dirasakan ketika hendak berpuasa.

Namun, ternyata banyak kiat-kiat yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kambuhnya maag saat berpuasa.

Beberapa tips disampaikan oleh dr. Zaidul Akbar agar bisa tetap berpuasa, tanpa khawatir rasa sakit akibat asam lambung akan menyerang.

Apa saja kira-kira tips yang dijelaskan oleh dr. Zaidul Akbar untuk mencegah maag kembuh saat berpuasa? Yuk simak ulasan berikut.

Berpuasa dengan ikhlas

dr. Zaidul Akbar menjelaskan bahwa berpuasa justru akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Hal tersebut sesuai dengan hadits yang disampaikan oleh Rasulullah.

“Berpuasalah dan engkau akan sehat,” ucap dr Zaidul Akbar dikutip delta3.co.id dari kanal Youtube dr. Zaidul Akbar Official pada Jumat, 19 Agustus 2022.

Maka dari hadits tersebut jelas, bahwa berpuasa itu merupakan sebuah obat. Untuk orang yang memiliki riwayat penyakit maag maka hal pertama adalah ikhlaskan niat berpuasa karena Allah.

Kemudian dr. Zaidul Akbar meyampaikan hal yang kedua adalah mengikuti pola-pola penting yang diajarkan Rasulullah baik di waktu berbuka atau waktu sahur.

Baca Juga:  Hal yang harus dilakukan untuk dapatkan perut rata dan hilangkan lemak

Jalankan puasa sesuai anjuran Rasulullah

Salah satu yang diajarkan Rasulullah adalah pentingnya untuk melakukan sahur. Bahkan dr. Zaidul Akbar menegaskan bahwa Rasulullah menganjurkan sahur walaupun hanya dengan segelas air.

Sahur juga dapat menjadi sebuah isyarat kepada tubuh, bahwa itu adalah asupan makanan terakhir kita di hari tersebut sebelum datangnya waktu berbuka.

Hal tersebut juga akan membuat lambung mengeluarkan asam klorida untuk mencerna makanan, sehingga pada siang hari lambung dapat dikatakan ada dalam keadaan dorman atau tidak mengeluarkan asam klorida karena tidak adanya asupan makanan.

Konsumsi kurma basah

Tips yang lain yang bisa dilakukan adalah mengkonsumsi kurma basah saat sahur. Kurma basah merupakan salah satu jenis kurma yang memiliki kadar air yang cukup tinggi, dan mengandung gula sederhana yang mudah dikonsumsi oleh tubuh.

Manfaat lain dari kurma sendiri adalah sifatnya yang panas lembab akan memberikan kehangatan bagi orang-orang yang berpuasa.

Baca Juga:  Berpikir keras bikin otak lelah dan tubuh melemah terbukti secara ilmiah, waspadai hal ini

Maka dr Zaidul Akbar menegaskan bahwa kurma sangat baik bagi orang-orang yang memiliki keadaan lambung yang dingin ataupun panas.

Kurma juga sangat baik dikonsumsi di waktu berbuka karena berbagai kandungan zat mineralnya. Sehingga kurma dapat menyeimbangkan asam lambung ketika hendak berbuka.

Hindari makanan pemicu asam lambung

Selain itu, dr.Zaidul Akbar juga menyarankan untuk menghindari makanan yang dapat memicu asam lambung menjadi tinggi. Seperti makanan kemasan, makanan dengan pemanis buatan, hingga makanan yang berminyak.

Diakhir penjelasannya dr Zaidul Akbar juga membagikan beberapa jenis makanan yang baik untuk menstabilkan asam lambung, seperti larutan madu dengan garam, air tajin atau air yang berasal dari beras yang dicuci namun yang masih kental dan sedikit mengendap.

Rumput laut juga baik untuk asam lambung karena mengandung kolagen yang dapat melapisi lambung. Rumput laut yang dicampur dengan air tajin merupakan kombinasi yang baik untuk lambung.

Itulah beberapa tips yang bisa diikuti untuk kamu yang miliki masalah lambung namun ingin tetap berpuasa. ***

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.