Bangun tidur di pagi hari masih capek? Simak 5 cara yang dapat dilakukan agar pagi kita berkualitas

Ilustrasi tidur (Unsplash/Matheus Vinicius)

delta3.co.id – Pernahkah kamu tidur selama 7 sampai dengan 8 jam sehari, tetapi ketika bangun pada pagi hari, tubuh masih merasakan rasa kelelahan baik secara fisik dan mental.

Jika sudah mengikuti saran tersebut, kenapa tidak merasa segar setelah tidur dalam waktu rentang itu? Tentu hal ini dapat berpengaruh negatif dalam hidup kita.

Di sini kita akan mengulas alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi dan apa yang dapat kita lakukan untuk memulai pagi hari lebih baik.

Sebenarnya sebelum 1 jam kita akan bangun dari tidur, tubuh kita akan melepaskan kortisol dan hormon lainnya yang mempersiapkan tubuh kita untuk bangun.

Bagi kebanyakan orang, merasa lelah setelah bangun merupakan hasil dari sleep inertia, secara singkatnya yaitu masa transisi antara tidur dan bangun.

Sleep inertia ini umumnya akan menghilang antara 15 sampai dengan 60 menit setelah bangun tidur. Hal ini akan mempengaruhi kemampuan motorik dan kognitif kita. Perasaan ini juga dapat membuat kita merasa was-was setelah bangun tidur, dan kita merasakan pusing seakan-akan penglihatan kita berputar.

Dalam beberapa kasus, bahkan bisa berbahaya, terutama ketika kita sedang berkendara, bekerja, dan ketika kita sedang beraktifitas.

Baca Juga:  7 Manfaat Ubi untuk Kesehatan Anak, Dapat Bantu Tingkatkan Imunitas

Ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk memastikan kita memberi kesempatan pada tubuh dan pikiran untuk bangun dengan perasaan segar sebagaimana berikut dilansir dari trendeepro pada 16 Agustus 2022:

Kebersihan tidur

Cara ini terdiri dari kebiasaan baik yang dapat kita ikuti untuk menciptakan kondisi yang ideal untuk beristirahat pada malam hari agar tidur kita menjadi lebih nyaman.

Cara yang dapat kita lakukan yaitu dengan menjaga kamar tetap sejuk dan nyaman, membersihkan kamar, dan juga mengganti alas bantal dan kasur 1 atau 2 minggu sekali.

Jangan terlalu berpikir

Sebagian orang pada malam hari mungkin akan berpikir dan juga merenung mengingat apa yang sudah terjadi pada hari ini, dan apa rencana yang harus dilakukan untuk besok.

Sebenarnya hal ini dapat membuat kita sulit tidur, ini dapat menyebabkan kita akan tetap terjaga selama beberapa jam. Oleh karena itu biasakan untuk berhenti berpikir, selalu berpositif thinking agar kita dapat terlelap secepat mungkin.

Minum sebelum tidur

Baca Juga:  Skincare Mahal Minggir Dulu! Ini Produk Kesehatan Kulit untuk Perbaiki Skin Barrier Dibawah Rp100 Ribu, Cuss Coba!

Terdengar cukup sederhana, tetapi sering dilupakan. Lebih dari 70% tubuh kita terbuat dari air yang dibutuhkan untuk berbagai fungsi termasuk mencerna makan dan juga menciptakan hormon dan mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh kita.

Biasakan untuk minum sebelum tidur, para pakar kesehatan menyarankan agar untuk minum air hangat yang dapat membuat tubuh kita merasa rileks.

Lingkungan tidur

Agar suasana tempat tidur kita terasa sejuk dan nyaman, dapat kita lakukan dengan cara mematikan lampu sebelum tidur, tidak ada gangguan suara notifikasi handphone.

Jika kita memiliki hewan peliharaan, pastikan agar hewan tersebut jauh dari jangkauan anda, dan jangan lupa bersihkan kasur tersebut dari bulu-bulu hewan peliharaan kita.

Meminimalisir gangguan tidur

Gangguan tidur merupakan faktor lain yang secara dramatis dapat mengurangi kualitas tidur. Cara ideal untuk meminimalisir hal tersebut yaitu dengan cara konsultasi ke dokter.

Itulah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk untuk memulai pagi hari kita menjadi lebih baik. Tapi tentu saja beberapa orang mempunyai caranya sendiri, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba.***

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.