Makan di jam 7 pagi dan 3 sore dapat membantu menurunkan berat badan dan tekanan darah pada tubuh, coba deh!

Atur pola makan di jam tertentu dapat menurunkan berat badan hingga tekanan darah (Pixabay)

delta3.co.id – Sebagai manusia, kita memerlukan tubuh yang sehat dan fit untuk tetap terus beraktifitas.

Tidak hentinya, manusia terus beraktivitas sepanjang hari, maka memerlukan tubuh yang siap menjalani rutinitas padat.

Agar tubuh tetap sehat, maka perlu menjaga kesehatan.Terutama memperhatikan berat badan dan juga tekanan darah. Perlu diingat tubuh yang sehat adalah tubuh yang kondisinya selalu dijaga.

Oleh karena itu makanan yang masuk ke tubuh kita harus diperhatikan, dan juga mengatur waktu di jam makan yang tepat harus dilakukan.

Alasannya karena memperbaiki dan mengatur waktu jam makan kita, akan berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Dilansir dari laman healthline.com, jika kita dapat mengatur waktu jam makan akan membantu dalam pengurangan berat badan dan juga mengontrol tekanan darah.

Mengatur waktu makan terbilang cukup efektif untuk menurunkan berat badan, tidak hanya itu saja tetapi juga dapat meningkatkan suasana hati dan mengontrol tekanan darah.

Baca Juga:  Kementerian Kesehatan Konfirmasi Kasus Cacar Monyet Pertama di Indonesia

Dikutip delta3.co.id dari hasil penelitian di JAMA Internal Medicine, peneliti tersebut mengungkapkan bahwa makan lebih awal dalam jangka waktu 8 jam antara jam 7 pagi dan 3 sore dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Bukan hanya itu saja, penelitian tersebut juga menemukan hasil bahwa makan diantara waktu tersebut dapat mengontrol tekanan darah dan peningkatan suasana hati seseorang.

Dalam penelitian tersebut menerapkan Early time-restricted eating (eTRE) yang memungkinkan seseorang untuk makan sebanyak yang mereka inginkan pada waktu yang telah ditentukan.

Early time-restricted eating lebih efektif untuk menurunkan berat badan dan menurunkan tekanan darah diastolik daripada makan selama 12 jam atau lebih selama 14 minggu,” Ujarnya.

“Cara tersebut dapat menjadi penanganan yang efektif untuk obesitas dan hipertensi. Karena hal ini juga dapat meningkatkan suasana hati dengan mengurangi kelelahan dan perasaan depresi dan meningkatkan semangat,” Ujarnya.

Baca Juga:  Biasanya mulus, penyakit kulit ini bikin wajah Maia Estianty rusak: Tidak bisa sembuh

“Dan mereka yang konsisten dengan melakukan cara ini dapat menghilangkan lebih banyak lemak di tubuh mereka,” Dikutip delta3.co.id dari healthline.com pada Sabtu, 13 Agustus 2022.

Para peneliti juga menemukan bahwa dengan cara tersebut peserta yang menderita obesitas setara dengan penurunan asupan kalori sebanyak 214 kalori sehari.

Ketika melakukan cara tersebut para ahli mengatakan penting bagi mereka yang akan mencoba eTRE menemukan waktu makan yang cocok yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan gaya hidup.

Tapi sebelum ingin mencoba eTRE para ahli juga mengatakan menemui dokter terlebih dahulu sebelum melakukan eTRE merupakan hal yang bagus sehingga dokter bisa memberikan beberapa saran dan nasihat.

Tapi tentu saja kita harus tetap konsisten dan berusaha untuk menurunkan berat badan dan mengontrol tekanan darah melalui olahraga dan menjaga pola hidup yang sehat.***

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.