Disomasi Asosiasi Dukun se Indonesia, Richard Lee beri kesempatan Jindan untuk pembuktian kembali

Jawaban somasi terbuka dr. Richard Lee kepada Kuasa Hukum Persatuan Dukun Seindonesia Firdaus Oiwobo. (YouTube dr. Richard Lee, MARS)

delta3.co.id – Buntut dari tayangan podcastnya bersama Persatuan Dukun Indonesia malah membuat dr. Richard Lee mendapatkan somasi.

Podcast dr. Richard Lee yang pada awalnya bertujuan untuk mendengarkan klarifikasi terkait dunia perdukunan malah membuatnya disomasi oleh Persatuan Dukun Indonesia.

Dalam podcast tersebut, dr. Richard Lee sengaja mengundang pengacara Firdaus Oiwobo dan Habib Jindan untuk berbincang seputar dunia perdukunan Indonesia.

Namun selang beberapa waktu setelah podcast tersebut ditayangkan, pengacara Firdaus Oiwobo melakukan somasi kepada Richard Lee karena merasa keberatan dengan sebagian podcast yang menurutnya tidak di edit terlebih dahulu.

Dalam somasinya, Firdaus yang merupakan wakil dari Persatuan Dukun Indonesia merasa dirugikan dan meminta Richard Lee tidak mencari-cari kesalahannya dari tayangan podcast tersebut.

“Statement-statement kalian itu gak perlulah sok pintar, karena kalau saya gak pinter gak mungkin saya mendampingi beberapa kasus besar di Indonesia,” ucap Firdaus dalam video somasi yang dibagikan Richard Lee dalam kanal YouTubenya.

Baca Juga:  Penuhi panggilan Mabes Polri, Razman Arif Nasution tegaskan dirinya tak dapat dituntut oleh Iqlima Kim

Dalam penjelasannya, Firdaus mengatakan jika dirinya dan Richard Lee telah sepakat untuk memotong bagian pembuktian kekuatan Jindan yang mengaku sebagai cicit mbah Priok dan juga perwakilan LSM Persatuan Hinpnoterapi, Tabib, Paranormal dan Dukun se-Indonesia.

“Ada surat perjanjian bahwa minta tidak boleh ditayangkan?” tanya Richard Lee kepada tim kreatifnya yang dibantah langsung oleh timnya.

Pernyataan tersebut dibantah tegas oleh Richard Lee melalui video klarifikasinya dan mengatakan bahwa tidak ada perjanjian seperti yang dituduhkan pengacara Firdaus.

“Sebenarnya beliau (Firdaus) terakhir dengan Jindan sudah bersedia ditayangkan secara utuh,” ucap dr. Richard Lee.

“Makanya saya bilang tayangkan utuh-utuh tanpa dipotong sedikit pun, biarkan netizen yang menilai kejadiannya bagaimana,” sambung dr. Richard.

Baca Juga:  Ogah tanggapi Pesulap Merah, Gus Samsudin: Dia bukan mau pembuktian, tapi cuma bikin konten

Bahkan Richard Lee sengaja tak mengedit tayangan podcastnya karena takut publik akan menuduhnya menggiring opini.

“Saya gak mau nanti mereka dihujat, atau saya dihujat, tapi karena mengarahkan opini saya gak mau. Saya pengen tetap objektif,” lanjutnya seperti dikutip delta3.co.id dari kanal YouTube dr. Richard Lee MARS pada Sabtu, 20 Agustus 2022 lalu.

Meskipun begitu, dokter Richard Lee akan memberikan kesempatan kepada Jindan jika memang tidak berkenan dengan tayangan podcastnya tersebut.

“Jadi saya persilahkan untuk Jindan datang kembali untuk pembuktian lagi sebesar besarnya, tanpa saya arahkan opini, silahkan memperbaiki hak jawab dan saya berjanji akan kasih ruangan sebesar-besarnya untuk Jindan,” pesannya.***

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.