Salah kutip ayat, Gus Samsudin kena skakmat admin medsos Nahdlatul Ulama: Mbok ya jangan malu-maluin Gus

Gus Samsudin saat berada di podcast Denny Sumargo (Tangkapan layar Youtube @Denny Sumargo)

delta3.co.id – Gus Samsudin belakangan ini menjadi perhatian publik, setelah ia berseteru dengan Marcel Radhival alias Pesulap Merah.

Perseteruan itu dipicu oleh aksi Marcel Radhival atau Pesulap Merah yang membongkar praktik pengobatan alternative Gus Samsudin yang ia nilai ada unsur penipuan berkedok agama.

Salah satu yang dibongkar Marcel Radhival si Pesulap Merah adalah keris petir milik Gus Samsudin yang kerap kali digunakan untuk mendeteksi santet di tubuh pasiennya.

Akibat hal tersebut, masyarakat melakukan protes dan berujung pada penutupan padepokan Gus Samsudin Desa Rejowinangun, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Belakangan ini Gus Samsudin kembali mencuri perhatian publik, gara-gara ia salah mengutip ayat Al Quran ketika tampil di podcast Denny Sumargo beberapa waktu lalu.

Potongan video itu lalu diunggah ulang oleh akun instagram @ala_nu, akun medsos yang terafiliasi dengan organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama.

Baca Juga:  Daripada ruqyah, Gus Samsudin malah tawarkan hal ini, Dewi Perssik naik darah: Lelaki yang baik...

Dalam video tersebut, Gus Samsudin mencoba untuk menerangkan bahwa dalam dunia ini ada juga hal-hal gaib yang harus diimani.

Penjelasan tersebut diberikan sebagai upaya untuk menerangkan bahwa hal-hal gaib itu ada, termasuk dalam praktik pengobatan alternatif yang ia lakukan.

Hal-hal gaib itulah yang selama ini coba dibongkar oleh Pesulap Merah untuk membuktikan bahwa hal tersebut hanya sebuah rekayasa atau tipu-tipu belaka.

“Di dalam Al Quran ada yang namanya jin, yaitu di surat An-Nas, yang intinya bunyinya adalah tidak saya ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada Allah,” ujar Gus Samsudin dalam video tersebut, seperti dikutip delta3.co.id, pada Minggu, 14 Agustus 2022.

Ucapan inilah yang pada akhirnya direspon oleh admin akun instagram @ala_nu. Menurut admin akun tersebut, Gus Samsudin telah melakukan sebuah kekeliruan, yakni salah mengutip ayat Al Quran.

“Mohon maaf, kesalahan ucap adalah hal yang lumrah, tapi mbok ya jangan parah ta ya, surat annas adalah surat pendek yang banyak dihapal oleh anak kecil dan merekapun tau artinya,” tulis akun tersebut mengawali postingannya.

Baca Juga:  Ternyata Nada Tarina Putri diperlakukan gini sama kontestan IMB lain karena jadi anak angkat Deddy Corbuzier

Admin akun tersebut lalu meluruskan, bahwa ayat yang disebutkan oleh Gus Mahmudin bukanlah dari Surat An-Nas, melainkan dari surat lainnya dalam Al Quran.

“kalau yang dikutip beliau ini “Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepada-Ku (saja)” adalah surat(QS. Adz-Dzaariyaat: 56),” sambungnya.

Kesalahan tersebut dinilainya cukup fatal, sebab semua ulama di Nahdlatul Ulama tahu persis ayat Al Quran yang dikutip oleh Gus Samsudin.

Karena itulah, admin akun instagram @ala_nu meminta agar Gus Samsudin tidak mempermalukan dirinya sendiri, terlebih di depan netizen.

“Please, gus yang kami kenal semuanya hafal surat an-nas, mbok ya jangan malu-maluin ta GUS!!” pungkasnya.***   

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.