Astra Financial raih transaksi Rp1,557 triliun sepanjang pameran GIIAS 2022

Media Gathering Astra Financial & Logistic (AFL). Foto: Istimewa

delta3.co.id – Perusahaan Astra Financial menutup 10 hari pameran Gaikindo Indonesia International Autos Show (GIIAS) yang berlangsung 11-21 Agustus 2022 dengan senyuman manis, berkat pencapaian kinerja pembiayaan maksimal kepada ratusan ribu pengunjung yang hadir di GIIAS.

Bahkan tahun ini, nilai transaksi Astra Financial melonjak 87,59% dibanding tahun 2021. Dimana sembilan unit bisnis yang hadir memberikan pelayanan pembiayaan di pameran GIIAS menjadi kepercayaan dan andalan dalam melakukan transaksi pembelian kendaraan.

Sembilan unit bisnis yang tergabung dalam Astra Financial, yaitu FIFGROUP, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Finance (TAF), Asuransi Astra, AstraLife, AstraPay, Maucash, Moxa hingga SEVA hadir untuk mendukung jalannya acara bertaraf internasional terbesar di Asia Tenggara dengan performa yang memuaskan.

Tahun keempat Astra Financial sebagai sponsor platinum dalam perhelatan GIIAS 2022 menargetkan angka transaksi sebesar Rp1,50 triliun selama perhelatan pameran otomotif tersebut berlangsung. Sedangkan, sampai penutupan acara tersebut nilai transaksi yang diraih mencapai Rp1,557 triliun atau 4,00% di atas target.

Secara year on year (yoy), angka tersebut juga naik sebesar 87,59% dibanding perhelatan GIIAS Jakarta 2021, di mana Astra Financial mencatatkan jumlah transaksi senilai Rp830 miliar.

Astra Financial hadir di pameran GIIAS 2022 (mufrod)

“Pencapaian transaksi senilai Rp1,557 triliun tersebut tentunya tidak terlepas dari kepercayaan masyarakat akan reputasi dan pelayanan prima dari Astra Financial. Hal tersebut juga didorong oleh beragam promo menarik yang dihadirkan untuk memudahkan pengunjung GIIAS memiliki kendaraan impian,” jelas Tan Chian Hok, Project Director Astra Financial di GIIAS 2022.

Capaian Gemilang Pendatang Baru Pada GIIAS tahun ini, terdapat unit bisnis baru dari Astra Financial, SEVA yang turut berpartisipasi menghadirkan promo serta layanan untuk memberikan kemudahan kepada pengunjung dalam menentukan mobil impian yang sesuai dengan kebutuhan finansial.

Baca Juga:  Sepanjang pameran GIIAS, Seva anak perusahaan Astra Financial pasang target 1.000 mobil

Sepanjang GIIAS 2022, SEVA yang merupakan digital channel terbaru dari Astra Financial yang memberikan layanan instant approval, di mana pada tahun ini mencatatkan lonjakan transaksi yang signifikan akibat antusiasme pengunjung GIIAS yang tinggi.“Dari total jumlah SPK yang dibiayai oleh Astra Financial melalui ACC dan TAF untuk segmen roda empat sebanyak 5.318 SPK, SEVA berkontribusi pada transaksi penyaluran pembiayaan terhadap 5.100 SPK atau 95,95% dari total SPK pembiayaan roda empat Astra Financial. Angka tersebut jauh melampaui angka yang telah ditentukan sebesar 1.850 SPK atau 253,78% di atas target,” jelas Co-Chief Executive Officer SEVA, Handoko Liem.

Lebih jelas, Handoko, menambahkan dari 5.100 SPK, yang berhasil dilakukan instant approval sebanyak 1.596 SPK dari target 500 SPK atau meningkat 54,8% di atas patokan awal. Istimewanya, pengunjung yang ingin melakukan pengajuan kredit bisa mendapatkan persetujuan kurang dari 12 menit.

Hal tersebut juga tak lepas peran industri otomotif di Indonesia yang terus tumbuh. Berdasarkan data Gaikindo, realisasi wholesale mobil secara nasional di sepanjang Januari-Juni 2022 mencapai 475.321 unit, naik 20,8% jika dibanding periode sama tahun 2021 yang hanya mencapai 393.466 unit. Peningkatan tersebut membawa harapan besar bagi industri pembiayaan Indonesia kedepannya dapat semakin maju.

Selain kendaraan roda empat, Astra Financial melalui FIF Group berhasil mendapatkan total transaksi mencapai Rp7,6 miliar dari 360 unit pembiayaan sepeda motor. Angka pembiayaan tersebut naik 80,95% dibanding tahun lalu sebesar Rp4,2 miliar dari 216 unit.

Baca Juga:  Spesifikasi lengkap Wuling Air Ev harga Rp200 juta, mobil listrik paling murah di GIIAS 2022

Untuk transaksi proteksi kendaraan, Asuransi Astra, nilai premi yang dibukukan untuk asuransi pembelian tunai pada perhelatan GIIAS ICE BSD 2022 mencapai Rp 1 miliar, angka tersebut naik 44,0% dibanding tahun 2021 senilai Rp 560 juta.

Sedangkan, untuk proteksi jiwa, AstraLife, membukukan pertumbuhan positif dengan nilai asuransi jiwa kredit sebesar Rp15,5 miliar meningkat 74,16% dibanding tahun lalu yang hanya mencapai Rp8,9 miliar.

Maucash yang merupakan bergerak dalam bidang fintech P2P Lending berhasil mencatatkan peningkatan 48,0% pada nilai disburse cash loan menjadi Rp3,38 miliar dibanding GIIAS ICE BSD 2021 senilai Rp2,23 miliar.

Selain itu, dalam dukungan transaksi keuangan digital dari AstraPay mencatatkan pencapaian positif dengan penggunaan QRIS dan TopUp sebanyak 10.552 transaksi jauh melampaui target dengan kenaikan sebesar 278,4% dari target 4.000 transaksi. Kenaikan itu juga diikuti oleh nilai transaksi yang mencapai Rp605,9 juta atau meningkat 157,17% dibanding tahun lalu yang hanya senilai Rp235,6 juta.

Astra Financial serta sembilan unit bisnisnya juga akan hadir pada rangkaian GIIAS selanjutnya di Surabaya pada tanggal 14 – 18 September 2022 dan di Medan pada tanggal 5 – 9 Oktober 2022. Astra Financial sebagai Sponsor Platinum GIIAS 2022 berharap melalui layanan yang disediakan tidak hanya mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia, tetapi juga mendukung literasi keuangan dalam peningkatan inklusi keuangan Indonesia.

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.