Mobil Honda paling aneh di GIIAS bukan produksi massal gunakan mesin turbo hybrid

mobil mesin turbo hybrid Honda (Mufrod)

delta3.co.id – Diantara jajaran model mobil Honda yang umum dan diproduksi massal, terdapat satu mobil yang unik dan tidak diproduksi massal namun memiliki daya tarik pada sektor mesin.

Dimana mobil tersebut mengusung mesin balap turbo hybrid yang tidak pernah digunakan pabrikan Honda pada model mobil produksi massal. Mobil balap Formula 1 milik tim Red Bull Racing Honda dibawa untuk pamer di ajang GIIAS 2022.

Mobil dengan kode Honda RB16B ini merupakan replika skala 1:1 atau memiliki ukuran layaknya kendaraan Formula 1 yang digunakan pada balap jet darat yang terkenal di dunia.

Dimana sektor mesin turbo hybrid Honda berkode RA621H. Mesin turbocharged dari Honda ini mempunyai kapasitas mesin 1.6 Liter, berinjeksi segaris, enam silinder (V6), dilengkapi dengan Honda kinetic and thermal energy recovery system sehingga dapat menghasilkan tenaga maksimum 900 hp serta putaran mesin maksimum 15.000 rpm.

Baca Juga:  Meluncur sebentar lagi, intip spesifikasi empat model OPPO Reno8 series

Honda mulai mengembangkan mesin balap berteknologi turbo hybrid untuk ajang balap Formula 1 sejak tahun 2014 seiring dengan regulasi teknis di ajang balap Formula 1 yaitu mesin balap berteknologi turbo hybrid ini menggunakan mesin turbocharged berkapasitas 1.6 Liter, berinjeksi segaris, enam silinder (V6).

Mesin balap tersebut juga dilengkapi dengan komponen kinetic and thermal energy recovery system (motor electric). Honda mulai menggunakan mesin balap tersebut di ajang balap Formula 1 pada tahun 2015 hingga sekarang ini.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director mengatakan, “Mobil Formula 1 yang kami tampilkan merupakan wujud dari kombinasi antara kecintaan Honda terhadap dunia balap dan visi Honda untuk mengembangkan mesin yang lebih ramah lingkungan. Kesuksesan tim Red Bull Racing Honda yang menjadi juara dunia dengan menggunakan mobil ini menjadi bukti bahwa mesin turbo hybrid yang ramah lingkungan juga dapat menghasilkan performa luar biasa yang selalu menjadi karakter mesin-mesin Honda.”

Baca Juga:  Daftar 14 merek motor bakal ramaikan GIIAS 2022, Honda dikepung kendaraan listrik

Pada akhir tahun 2021, Honda berhasil meraih gelar juara dunia untuk kategori pembalap yang dipersembahkan oleh pembalap tim Red Bull Racing Honda yaitu Max Verstappen.

 

Gelar juara dunia ini merupakan yang pertama kalinya untuk Honda di era balap F1 modern atau era F1 turbo hybrid dan juga pertama kali sejak terakhir kali meraih gelar juara dunia di tahun 1991 atau tepat 30 tahun silam.

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.