Pemilik kendaraan wajib tahu, berikut risiko yang tidak bisa klaim asuransi

Ada berbagai macam jenis asuransi kendaraan. (Istimewa)

delta3.co.id – Perlindungan kendaraan melalui asuransi sering menjadi pilihan pemilik kendaraan dalam memberikan keamanan terhadap risiko di jalan raya mulai dari kerusakaan akibat kecelakaan serta risiko lain.

Namun penting diperhatikan bagi pemilik mobil untuk mengetahui klausul yang terdapat pada polis kendaraan sampai sejauh mana pertanggungan asuransi bisa mengcover kerusakaan akibat kecelakaan dan risiko lain di jalan raya.

Tak sedikit pemegang polis asuransi kendaraan tidak mempelajari detail klausul tersebut. Sedangkan menurut Retail Technical Analyst Asuransi Astra, Wirawan Prasetyo sangat penting bagi pemegang polis untuk mengetahui luasan perlindungan terhadap kendaraannya.

Dijelaskan Wirawan, jika perusahaan asuransi juga memiliki batasan untuk memberikan perlindungan terhadap risiko kerusakaan pada kendaraan. Bahkan banyak faktor yang membuat pengecualian dalam polis perusahaan asuransi tidak akan mengcover kerusakan.

Baca Juga:  ASUS luncurkan Vivobook Pro 14 OLED, harga mulai Rp11 jutaan

“Dalam beberapa kondisi pemegang polis harus mengetahui beberapa pengecualian yang tidak bisa di cover oleh perusahaan asuransi kendaraan dengan berbagai term dan kondisi tertentu,” jelasnya dalam diskusi Asuransi Astra bersama Forwot di Astra Biz Center, Kamis 18 Agustus 2022.

Diantara risiko yang dikecualikan dalam polis diantaranya, kendaraan yang digunakan untuk latihan mengemudi, kendaraan digunakan untuk menarik kendaraan lain. Serta kendaraan yang digunakan untuk mengangkut barang melebih kapasitas dan muatan lebih.

Hal lain yang perlu dimengerti oleh pemegang polisi asuransi kendaraan, yakni polis mengecualikan perlindungan terhadap kendaraan rusak akibat kerusuhan atau huru-hara, banjir, tanah longsor dan topan, gempa bumi, gunung meletus dan tsunami. Meski hal tersebut bisa di cover dengan premi tambahan.

Baca Juga:  Kaca mobil pecah dibobol maling, penyanyi Jaz Hayat histeris barang berharga miliknya raib

“Setiap pemilik polis harus membaca isi polis serta mencermati jenis pertanggungan, luas jaminan, risiko yang dijamin serta risiko yang dikecualikan dalam polis yang mengacu pada polis standar asuransi kendaraan bermotor Indonesia (PSAKBI),” jelas wirawan.

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.