Rayakan HUT ke-13, Tokopedia bagikan tren belanja dan inovasi setahun terakhir

HUT ke-13 Tokopedia (Hops.ID/Dion Yudhantama)

delta3.co.id – Dalam rangka ulang tahun yang ke-13, Tokopedia membagikan tren belanja dan inovasi setahun ke belakang dalan acara yang digelar di Jakarta, hari ini, Kamis 18 Agustus 2022.

Rizky Juanita Azuz, External Communications Senior Lead Tokopedia menjabarkan tren belanja di Tokopedia dalam satu tahun terakhir.

Rizky mengatakan, untuk kategori produk rumah tangga, yang paling laris adalah benih bibit tanaman, stop kontak, dan juga baterai. Kemudian untuk kategori produk makanan dan minuman, yang paling banyak adalah minyak, buah-buahan dan kripik.

Lebih lanjut, untuk kategori kesehatan, ada vitamin, obat-obatan herbal dan masker medis. Kemudian untuk kategori produk elektronik, yang menjadi tren setahun ke belakang adalah earphone, bohlam dan speaker. 

Terakhir, kategori fesyen, yang menjadi tren setahun terakhir di Tokopedia adalah tas selempang wanita, kaos pria dan sandal wanita.

Baca Juga:  Lirik lagu Jemari dari Juicy Luicy

Inovasi Tokopedia

Dalam satu tahun ke belakang, Tokopedia juga melakukan sejumlah inovasi. CTO Tokopedia, Herman Widjaja mengatakan, salah satu inovasi yang diterapkan Tokopedia setahun ke belakang ini adalah inisiatif Hyperlocal.

Inisiatif Hyperlocal menerapkan teknologi geo-tagging yang bisa memudahkan pembeli dalam mencari toko di sekitar lokasi tempatnya tinggal.

Selain itu, teknologi geo-tagging juga dapat membuka kesempatan kepada penjual untuk mendapatkan market yang ada di sekitar domisilinya.

“Jadi penjual tidak perlu pindah ke kota besar untuk menjangkau pasar,” jelas Herman.

Sementara itu, Rizky Juanita Azuz menjelaskan, inisiatif Hyperlocal memiliki beberapa turunan.  Turunan dari Hyperlocal antara lain, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Mitra Tokopedia, Tokopedia Now, Dilayani Tokopedia dan Digitalisasi Pasar Tradisional.

KTP merupakan halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. Kemudian, aplikasi Mitra Tokopedia dapat membantu pemilik warung menstok barang dagangan dan berjualan produk digital, seperti pulsa, token listrik hingga pembayran pajak dan biaya pendidikan maupun BPJS.

Baca Juga:  Daftar 14 merek motor bakal ramaikan GIIAS 2022, Honda dikepung kendaraan listrik

Lebih lanjut, ada Tokopedia Now, yang menyediakan produk harian dengan waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran. Kemudian Dilayani Tokopedia adalah layanan pemenuhan pesanan di mana penjual bisa menitipkan produk di gudang mereka.

“Kami berkolaborasi dengan mitra logistik terpercaya. Penjual bisa menitipkan produknya di gudang kami yang sudah tersebar di beberapa kota. Penjual hanya menitipkan produknya, yang packing dari Tokopedia, yang kirim juga Tokopedia,” jelas Rizky. 

Dengan ini, tambah Rizky, pembeli yang berada di jarak yang jauh dari kota besar seperti Jakarta misalnya, bisa lebih dekat dan lebih mudah dalam mendapatkan produk yang diinginkan. Selain itu, katanya, ongkos kirim juga jadi lebih murah. ***

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.