Layaknya anak emas Honda rayakan 10 tahun produksi Brio di Indonesia, ternyata tulang punggung

Honda rayakan 10 tahun Brio di Indonesia (Mufrod)

delta3.co.id – PT Honda Prospect Motor (HPM) merayakan 10 tahun produksi Brio yang menjadi anak emas sebagai produk terlaris di pasar otomotif Indonesia.

Sejak diluncurkan 2012, Honda Brio hadir sebagai city car yang banyak diminati konsumen. Bahkan versi Brio Satya yang menjadi entry level mampu membendung model kendaraan LCGC yang dikenal memiliki lokal konten tinggi.

Salah satu kunci Brio Satya menjadi model yang paling laris, Honda meracik desain Satya sebagai model Low Cost Green Car (LCGC) yang dikeluarkan pemerintah Indonesia melalui Peraturan Menteri Perindustrian no.33/2013 tentang “Pengembangan Produksi KBH2.”

Dengan desain menarik bahkan lebih terlihat premium dibanding mobil LCGC sekelasnya.

Meski menjadi taruhan, dimana Honda juga menawarkan Brio RS sebagai model yang lebih mahal namun secara desain tidak memiliki banyak ubahan selain fitur dan beberapa perangkat tampilan di eksterior.

Keduanya Brio Satya dan RS justru menjadi model pilihan lengkap bagi masyarakat yang membutuhkan kendaraan dalam kota yang lincah namun tetap mewah bagi pemiliknya.

Honda Brio terus mencatat disambut baik oleh konsumen, dan tercatat sebagai mobil dengan penjualan tertinggi di Indonesia pada semester pertama di tahun ini. Sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2012 hingga saat ini, total penjualan Honda Brio tercatat sebanyak 453.253 unit*, menjadikannya model City Car dengan penjualan tertinggi di Indonesia.

Baca Juga:  Chery klaim pabrik telah beroperasi, Tiggo 8 Pro bakal produksi Indonesia

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, Honda Brio menjadi model terpenting bagi Honda karena merupakan mobil nasionalis kebanggaan Indonesia, dan banyak memberikan kontribusi untuk mendukung industri otomotif dan ekonomi secara umum di Indonesia melalui investasi dan aktivitas ekspor.

“Kesuksesan Honda Brio juga memungkinkan Honda untuk mengembangkan model-model lain yang khusus dirancang untuk konsumen di Indonesia. Karena itu, kami menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya untuk seluruh konsumen Honda Honda Brio, dan kami berkomitmen untuk terus menghadirkan produk-produk yang berkualitas untuk Indonesia.” ujarnya

Sepanjang produksi Honda Brio hingga saat ini telah berhasil mengumpulkan total sebanyak 55 penghargaan bergengsi di Indonesia mulai dari best LCGC, best city car, best fuel consumption, pilihan pembaca, hingga Car of the Year. Selain itu juga Honda Brio juga telah diterima dengan sangat baik oleh konsumen di Indonesia. Hingga saat ini, lebih dari 10.000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia melalui wadah komunitas Honda Brio yang dibentuk oleh pengguna / konsumennya sendiri diantaranya adalah: Honda Brio Community (HBC), Honda Brio Club Indonesia (HBCI), Brionesia, ANBRIO dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  SKF Bearing dukung potensi Supermileage Vehicle Team dan Semar UGM

Honda Brio tidak hanya digemari di pasar domestik saja, Honda Brio juga telah diekspor ke luar negeri dimana HPM memulai ekspor perdana Honda Brio ke Filipina dan Vietnam pada bulan April 2019 hingga saat ini dengan total ekspor mencapai 22.260 unit. Selain itu, hingga saat ini Indonesia menjadi satu-satunya negara yang memproduksi Honda Brio.

Honda Brio kemudian menjadi digunakan sebagai platform untuk pengembangan model-model Honda lainnya seperti Honda BR-V yang sudah diperkenalkan dan dijual sejak tahun 2016 hingga kini. Pada tahun 2022, generasi kedua Honda BR-V bahkan mulai diekspor ke berbagai negara di luar negeri seperti di kepulauan Karibia dan menyusul negara-negara lainnya.

 

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.