Fungsi AYC pada Mitsubishi Xpander cross ternyata duplikasi dari mobil mahal

Mobil baru Mitsubishi Xpander Cross nangkring di GIIAS 2022. (Mufrod)

delta3.co.id – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah meluncurkan Xpander cross facelift. Namun yang menjadi perhatian bukan dari ubahan eksterior dan interiornya, melainkan adanya fitur terbaru yakni Active Yaw Control (AYC).

Fitur terbaru Xpander Cross ini merupakan perangkat keselamatan aktif yang ditanam pada mobil SUV terbaru Mitsubishi untuk membantu pengemudi dalam melibas kondisi jalan licin seperti saat hujan turun.

Namun fitur ini secara fungsi bekerja mirip dengan traction control maupun active stability control yang bekerja mengatur tenaga mesin ke roda menggunakan sensor agar putaran roda disesuaikan dengan kondisi jalan agar ban tidak slip.

Sedangkan AYC sendiri bekerja saat mobil bermanuver seperti dalam kondisi cornering dan braking di jalan licin maupun saat mobil dalam kondisi kecepatan tinggi.

Baca Juga:  Mobil listrik Toyota bermasalah, konsumen diminta jual lagi ke produsen

Pada kondisi tersebut, sensor akan membaca antara kondisi jalan licin untuk mengurangi putaran roda. Secara sistem keamanan aktif ini bekerja otomatis dan tidak bisa dimatikan secara manual.

“Teknologi AYC merupakan fitur yang ada pada Mitsubishi Lancer Evo yang kemudian digunakan pada model lain. Pengembangannya ASC untuk mengontrol mobil dalam setiap kondisi, sedangkan AYC lebih ke cornering dan braking,” ungkap Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division MMKSI di GIIAS BSD Senin 15 Agustus 2022.

Fitur keselamatan pada kendaraan seperti AYC merupakan teknologi terkini yang dikembangkan Mitsubishi pada jajaran produknya. Sebelumnya fitur keselamatan aktif dengan sensor menjadi hal yang penting pada model mobil yang dipasarkan saat ini.

Baca Juga:  Meluncur di GIIAS Mitsubishi tancap gas perkenalkan new Xpander cross di 20 kota

Menurut Rifat Sungkar brand ambasador Mitsubishi menjelaskan jika sistem keamanan yang berjenjang tercipta dari beberapa teknologi keamanan yang sudah ada sebelumnya.

“Jadi biasanya entry level pasti rem ABS, nomor dua TC atau ASC, setelah itu mobil yang kelasnya ada di atas, ada sistem berjenjang yakni AYC ini yang kita punya di mobil Mitsubisshi.” ungkap Rifat.

Fitur AYC sendiri bekerja menggunakan empat sensor wheel speed sensor, steering angle, putaran mesin dan rem. Seluruh sensor tersebut akan bekerja bersamaan.

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.