Sukses berwirausaha dengan tahapan mudah, lakukan hal ini kunci jangan kendor semangat

Ilustrasi wirausaha muda. (unsplash.)

delta3.co.id – Keinginan dan impian bebas waktu dan finansial sering menjadi bayangan para karyawan yang telah bekerja namun merasa tidak memiliki waktu ideal. Sayangnya kondisi tersebut bukan menjadi pilihan utama karena telah terikat pada suatu perusahaan.

Peluang berwirausaha sendiri justru tidak banyak muncul dari generasi muda, yang jika dihitung peluang dan potensi berwirausaha akan jauh lebih menguntungkan dan tentunya dapat membuka peluang kerja bagi masyarakat.

Hal inilah yang menjadi salah satu dasar program Seminar Literasi Ekosistem Kewirausahaan Pemuda yang dicanangkan oleh Kementerian pemuda dan Olah Raga. Dimana salah satu tema yang diangka Rahasia Jitu jadi Sukses Berwirausaha yang menghadirkan pembicara Drs Imam Gunawan MAP Plt Asdep Kewirausahaan pemuda Kemenpora RI.

Saya sebagai salah satu pembicara topik: Ekplorasi potensi diri dan lingkungan berwira usaha, Sabtu 13 Agustus 2022 pukul 10.00-12.00 WIB Https://bit.ly/lekp-kemenpora

Mengapa kok sulit sekali pindah kuadran dari karyawan atau pemula menjadi wiraswasta? Saya amati, kesalahan utama terpenting adalah, motivasi orang ingin freedom.

Gara gara salah di sini akibatnya fatal ada orang butuh 30 tahun belajar, ya yang lama tadi, gara-gara ingin freedom. Keliru. Mengapa? Bayangkan saja, kenalan Anda banyak, ada katakan orang kaya, hartanya puluhan triliun. Untuk apa dia menyuruh Anda, urusan A dan B, dll kalau dia tidak merasa bisa mengikat kepada Anda? Risiko bukan.

Baca Juga:  Setelah illustrator webtoon Korea Selatan meninggal,kini muncul kontroversi dirinya diduga terlalu kerja keras

Jadi butuh waktu lama, yang lama adalah kemauan Anda terikat atau mau diikat oleh orang-orang kaya. Bandingkan, misalnya saya mengikat hubungan dengan orang kaya, paling butuh 3 tahun.

Jadi daripada saya kerja karyawan 20-30 tahun , tetap kuncinya adalah bagaimana hubungan ikatan batin dengan orang kaya. Kalau paham, mungkin bisa 3 tahun, tapi bilamana terus kita meronta, ya butuh 10-20 tahun keburu kita uzur. Hanya untuk mau memahami petunjuk itu. Kadang seseorang dianggap hebat.

Saya sendiri, dalam kesendirian ya bengong. Tapi begitu ada hubungan ikatan dengan lingkungan sekitar, teman-teman saya Jenderal, pejabat, Danyon, Dandim, Danrem, dan orang-orang kaya.

Otomatis gara-gara orbit kita, menjadikan hubungan interaksi yang luar biasa. Sumber dayanya bukan pada diri saya, tapi pada orang-orang yang kita layani tadi.

1. Jangan sampai kita minder. Mereka gajah-gajah. Mereka melihat gajah juga, bukan kita (pawang).
2. Jangan sampai kita merasa pede banget, yang gajah bukan diri kita juga. 3. Fokus pada misi kehendak gajah. Jangan dipaksakan. Kekuasaan adalah sumbernya pelajari kehendak orang-orang lain.
4. Pada setiap transaksi atau pertukaran, biasanya cukup interaksi relationship dengan 4-5 orang.

Baca Juga:  Astra Financial bidik transaksi Rp2 triliun di ajang GIIAS, optimis trend positif tercapai akhir tahun

Jadi jangan terperangkap oleh popularitas. Seribu teman Anda, yang relevan paling hanya ber-5 saja. Ibarat gajah mereka berkumpul dengan gajah. Sehingga kita berpikir fokus pada hubungan ikatan batin dengan gajah.

Kedua, paling penting adalah menemukan tujuan. Ada orang ingin menanam kacang hijau. Dia bertanya berapa lama butuh waktu pohon berbuah kacang hijau?
Ternyata setiap hari dia bertanya, semalam tanam pohon kacang hijau, hari ini dapat apa? Alhasil dia pun tidak bisa berhasil menanam pohon kacang hijau, karena terburu dia tanya kemarin nanam, hari ini dapat apa? Dapat taoge.

Nah, di situ kadang saya merasa sedih, walaupun kita kenal para gajah, tapi kemampuan monetize-nya adalah dari:

1. Kemampuan menyatukan atau menggerakkan kolaborasi dengan para gajah. Kebanyakan kita tidak bisa atau tidak mau membuka kontak network. Dianggap itu rahasia milik dirinya sendiri.
2. Tidak bisa menembus ‘kehendak’ tersembunyi di antara para gajah
3. Tidak bisa memainkan sepakbola gajah-gajah.

Akibatnya tidak bisa memiliki marwah atau kuasa power. Oleh karena itu, jangan terburu ingin dapat duit. Walaupun Anda membangun hubungan ikatan selama 3 tahun pun jangan terburu ditanya dapat apa? Dapat taoge terus.

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.