2 Cara mudah penghasilkan uang tambahan dari menjual jasa bagi seorang graphic designer

Ilustrasi seorang graphic designer (freepik.com/DCStudio)

delta3.co.id – Graphic Designer atau desainer grafis menjual produk-produk non fisik yang mengandalkan elemen visual sebagai output dari jasa yang ia tangani.

Kebutuhan produk-produk visual sekarang ini banyak dibutuhkan perusahan sebagai media komunikasi agar dapat dengan mudah disampaikan kepada target pasar yang diinginkan.

Khususnya pengelolaan media sosial, akan menjadi lebih menarik dengan konten-konten yang lebih banyak mengandalkan visual yang dapat menarik perhatian banyak orang.

Selain menjadi kebutuhan suatu perusahaan, seorang graphic designer juga menyalurkan hobinya tersebut melalui berbagai platform agar dapat menghasilkan tambahan penghasilan.

Intinya ada dua cara seorang graphic designer mendapatkan tambahkan uang di luar pekerjaannya dikutip Hops.ID dari Instagram @fadilisme92 pada 12 Agustus 2022:

1. Berbasis Klien

Seorang graphic designer mendapat pesanan langsung dari klien langsung, entah itu kenalan, rekan, atau bahkan orang tak dikenal yang mengenalnya sebagai graphic designer.

Baca Juga:  Pemilik Xpander wajib merapat, Mitsubishi perpanjang program untung service experience

Agar graphic designer dapat mendatangkan klien ia sebaiknya memahami betul fokus keahlian yang dimiliki berdasarkan jam terbang dan pengalaman dalam bidang tersebut, sehingga klien melihat kredibilitas dari penawar jasa yang akan membantu project dari klien.

Selain itu, graphic designer juga harus aktif di beberapa platform freelance seperti fastwork.com, project.co.id, sribulencer.com, upwork.com dan lainnya.

Kalian juga dapat melakukan aktivitas di media sosial untuk mengenalkan diri kalian bahwa kalian memiliki keahlian khususnya graphic designer seperti membuat blog atau mengunggah beberapa video di kanal YouTube.

2. Marketplace

Berbeda dengan sebelumnya, graphic designer yang memanfaatkan marketplace akan membuat template design yang siap pakai yang kemudian dijual untuk digunakan oleh pembeli.

Baca Juga:  Lirik dan chord lagu Kesalahan Yang Sama - Kerispatih

Situs microstock ini dapat kalian manfaatkan untuk menjual berbagai produk design graphic seperti logo, vektor, ilustrasi dan sebagainya.

Sebagaimana marketplace yang kita kenal, jika pembeli membeli produk grafis kalian, uang dari pembeli akan masuk ke dompet virtual yang kemudian bisa dicairkan.

Bedanya, produk grafis ini dapat dibeli berulang kali tanpa perlu restock seperti produk fisik pada umumnya. Harga per satu designnya mungkin akan murah untuk permulaan, tetapi jika kamu membuat banyak design dan pertumbuhan tokomu bagus, lambat laun harga produk grafis yang kamu unggah akan meningkat.

Kalian dapat menjadi kontributor di canva, envato element, vecteezy, shutterstock, freepik, dan lainnya. ***

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].