Lexus terjunkan UX 300e demi manjakan delegasi G20, intip spesifikasi lengkapnya

Lexus UX-300e yang akan digunakan delegasi G20 (Mufrod)

delta3.co.id – Penyelenggaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan dilaksanakan di Bali, menjadi pembuktian bagi industri otomotif salah satunya Lexus yang akan mendukung mobilitas delegasi G20 menggunakan mobil listrik.

Pada moment penting ini, sebagai salah satu produsen mobil premium. Lexus akan menerjunkan mobil listrik UX 300e yang dipersiapkan sebagai sarana transportasi mewah bagi delegasi G20 dari berbagai negara.

Dukungan Lexus UX 300e tersebut menjadi bagian dari kontribusi PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai produsen otomotif pertama yang berhasil mengoperasikan kendaraan listrik di pulau Bali sebagai bentuk menjaga lingkungan terhadap emisi rendah kendaraan.

Lexus UX 300e merupakan salah satu model kendaraan yang diracik dengan teknologi battery electric vehicle atau (BEV), sebagai salah satu teknologi terdepan selain full elektrik.

Keikutsertaan Toyota sebagai salah satu official car partner dalam Presidensi G20 dinilai Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, sebagai kebanggaan terhadap kualitas produk andalan yang telah dikembangkan Toyota dalam hal ini Lexus.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia telah menunjuk Toyota menjadi salah satu Official Car Partner dalam Presidensi G20. Merupakan sebuah kebanggan bagi kami dapat berpartisipasi aktif untuk mensukseskan event berskala internasional ini. Pemilihan Lexus UX 300e merupakan bagian dari strategi global dan bentuk komitmen Toyota Group menghadirkan pengalaman mobilitas terbaik bagi para delegasi,” ungkap Henry Tanoto saat menghadiri pengumuman simbolis oleh Bapak Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Rabu (10 Agustus).

Baca Juga:  Kontribusi 40 tahun Hino di Indonesia, cikal si kepala hijau dimulai 1989

Toyota menerapkan strategi multiple pathways untuk meningkatkan kecepatan dan skala dalam mencapai Netralitas Karbon. Toyota menawarkan berbagai pilihan teknologi elektrifikasi yang lengkap mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), hingga Battery Electric Vehicle (BEV) untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang beragam.

Lexus UX-300e (Mufrod)

Sejak tahun 2009, TAM telah menghadirkan kendaraan elektrfikasi di pasar Indonesia melalui Toyota Prius. Kini, tidak kurang dari 11 line-up kendaraan elektrifikasi yang telah TAM hadirkan di Indonesia, di mana hingga akhir bulan bulan Juli 2022 total penjualan line-up elektrifikasi TAM mencapai lebih dari 6.600 unit.

Secara global, hingga saat ini, Toyota dan Lexus telah menjual lebih dari 20 juta unit model elektrifikasi di seluruh dunia, membantu mengurangi emisi CO2 hingga lebih dari 160 juta metrik ton.

Spesifikasi Lexus UX 300e

Lexus selalu fokus untuk memberikan driving performance yang menyenangkan, dan pengembangan BEV pertama ini bukanlah sebuah pengecualian. Dimulai dari ciri khas berkendara yang disempurnakan dari UX, para Lexus Takumi yang dipimpin oleh Takashi Watanabe sebagai Chief Engineer, mampu memanfaatkan drivetrain elektrik untuk lebih meningkatkan performa kendaraan di jalan.

Baca Juga:  Enam mobil Toyota berlabel Gazoo Racing goda konsumen pecinta kecepatan di GIIAS 2022

Menggunakan baterai jenis Lithium-ion, Lexus UX 300e memiliki motor listrik berkapasitas 54.35 kWh yang dapat menghasilkan 201 horsepower dan torsi 300Nm, jangkauan mengemudi Lexus UX 300e bisa mencapai 300km (WLTP) dengan sekali pengisian daya listrik.

Untuk memanjakan pelanggannya, setiap pembelian Lexus UX 300e sudah dilengkapi dengan AC Wall Charger yang dapat dapat dipasang dimanapun sesuai keinginan pelanggan dan sebuah Household Socket Charging Cable yang dapat digunakan di stop kontak dinding standar.

Selain mengisi daya di rumah, Lexus UX 300e juga bisa mengisi daya baterai di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang telah disediakan oleh PT. PLN. Lokasi pengisian daya baterai bisa dilihat di aplikasi CHARGE.IN yang dekat area-area tertentu seperti di mal, parkiran, kantor-kantor PLN, kantor pemerintah, dan lainnya.

Durasi pengisian akan tergantung pada suhu baterai, riwayat penggunaan, pengisi daya, dan voltase listrik. Berdasarkan uji coba yang dilakukan Lexus, pengisian daya baterai sampai penuh dengan menggunakan Household Socket Charging Cable bisa memakan waktu kurang lebih 24 Jam.

Akan tetapi, pengisian menggunakan AC Wall Charger yang disediakan oleh Lexus hanya membutuhkan kurang lebih lima sampai enam jam. Apabila pengisian lebih cepat perlu dilakukan, mengisi daya baterai di SPKLU membutuhkan waktu kurang lebih 50 menit menggunakan DC Fast Charging.

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].